Nasib, memang sepenuhnya milik Tuhan Sang Pencipta. Sebagai manusia, kita hanya bisa mengusahakan yang terbaik untuk memilih takdir yang baik atau buruk. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pemuda bernama Kompas Priyogo. Seolah tak minder dengan profesinya sebagai tukang sol sepatu, ia sukses menembus ketatnya persaingan menjadi anggota Polri.

Lahir dari keluarga sederhana, Kompas harus ikut berjuang merasakan beratnya hidup. Namun, ia mempunyai kelebihan lain yaitu semangatnya yang tak pernah padam. Selain itu, Kompas juga gigih ingin memperbaiki keadaan ekonomi keluarganya. Salah satunya dengan meraih cita-citanya sebagai anggota Polisi. Ia pun sempat beberapa kali ikut tes setelah tamat SMA pada 2014. Sayang, usahanya itu kandas sebanyak tiga kali hingga menginjak tahun 2017.

Ilustrasi peserta tes polisi [sumber gambar]
“Sudah tiga kali ikut tes Bintara Polri sejak saya lulus SMA pada 2014, tetapi tidak pernah lolos seleksi. Bahkan saya juga sudah sempat kecewa,” ujarnya yang dilansir dari news.detik.com.
Namun, pemuda kelahiran 1997 itu tidak patah semangat. Ia tetap tekun berlatih, sembari menekuni pekerjaan sebagai tukang sol keliling. Dalam dirinya, Kompas mempunyai keyakinan yang kuat. Bahwa suatu saat nanti, ia pasti bisa berhasil lolos sebagai anggota Polisi. Niat dan tekad tersebut selalu disimpannya di mana pun ia berada.

Ilustrasi latihan keras demi tes Polisi [sumber gambar]
“Saya berlatih terus setiap pagi dan sore hari, tapi tetap ikut sol sepatu bersama orang tua saya di bawah (Jembatan) Ampera, Palembang. Kalau ada yang (memperbaiki) sol sepatu juga saya kerjakan. Siang-malam saya juga berdoa biar lulus polisi dan dikabulkan,” ujarnya yang dilansir dari news.detik.com.
Hingga pada akhirnya, ia dinyatakan lulus sebagai siswa Bintara Polri dari Rayon Polresta Palembang. Kompas yang selalu merasa optimis, sempat tak percaya jika dirinya dinyatakan berhasil. Kini, ia pun bisa menatap masa depan dengan lebih bersemangat. Profesinya sebagai tukang sol sepatu yang datang dari keluarga sederhana, ternyata bukan menjadi sebuah penghalang baginya untuk sukses.

Kompas Priyogo sukses masuk Bintara Polri [sumber gambar]
Sejatinya, kita juga bisa meraih kesuksesan yang sama seperti kisah di atas. Apapun latar belakang keluarga, dan profesinya. Sepanjang terus memupuk semangat dan optimisme, cita-cita yang kita pendam selama ini bisa diraih dengan mudah. Tentu saja, semua itu membutuhkan proses dan pengorbanan yang tidak sedikit. So, tetap terus kejar impianmu ya Sahabat Boombastis.

Sumber: boom bastis

Perjuangan Inspiratif Tukang Sol Sepatu yang Akhirnya Sukses Menjadi Anggota Polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *